Tugas produk kreatif dan kewirausahaan
1.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan produk
Jawab:
Kata
produk berasal dari bahasa Inggris "product" yang berarti sesuatu
yang diproduksi oleh tenaga kerja atau sejenisnya. Pada tahun 1575, kata
"produk" merujuk pada apapun yang diproduksi (anything
produced). Namun sejak 1695, definisi kata products lebih merujuk pada sesuatu
yang diproduksi (thing or things produced).
Berikut
ini adalah pengertian dan definisi produk:
#
MULYADI
Pada
dasarnya produk merupakan satu ikat jasa yang disediakan untuk memuaskan
kebutuhan customer
#
HERMAWAN KERTAJAYA
Produk
adalah kreasi bersama antara perusahaan dan konsumennya
# LUTFI
ZEIN
Produk
adalah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan
#
SUGENG WIDODO
Produk
ada;ah apa pun yang bisa ditawarkan ke sebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah
keinginan atau kebutuhan
# MC.
CARTY
Produk
merupakan suatu tawaran dari sebuah perusahaan yang emuaskan atau memenuhi
kebutuhan
#
KOTLER
Produk
adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan,
dibeli, digunakan maupun dikonsumsi yang dapat memuaskan kebutuhan atau kemauan
#
KOTLER
Produk
itu mencakup barang fisik, orang, tempat, organisasi, dan ide-ide
# MARC
GOBE
Produk
adalah jasa....dan jasa adalah produk
# M.
FUAD
Produk
adalah barang atau jasa yang bisa ditawarkan di pasar untuk mendapatkan
perhatian, permintaan, pemakaian, atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan
atau kebutuhan.
2.
jelaskan tahapan tahapan dalam merancang
produk baru
jawab:
1.
Menerjemahkan keinginan dan kebutuhan konsumen
kedalam produk dan jasa yang dibutuhkan
2.
Memperbaiki (refine )barang dan jasa yangsudah ada
3.
Mengembang barang dan jasa yang baru
4.
Memformulasikan/merumuskan kualitas tujuan
5.
Merumuskan target biaya
6.
Menyusun dan melakukan uji coba pada propotype
7.
Mendokumentasikan spesifikasi barang dan jasa yang dihasilkan
3.
Jelaskan apa yang dimaksud kemasan produk
Jawab:
Kemasan adalah desain kreatif yang mengaitkan bentuk,
struktur, material, warna, citra, tipografi dan elemen-elemen desain dengan
informasi produk agar produk dapat dipasarkan. Kemasan digunakan untuk
membungkus, melindungi, mengirim, mengeluarkan, menyimpan, mengidentifikasi dan
membedakan sebuah produk di pasar (Klimchuk dan Krasovec, 2006:33).
Menurut Kotler & Keller (2009:27), pengemasan adalah kegiatan merancang dan memproduksi wadah atau bungkus sebagai sebuah produk. Pengemasan adalah aktivitas merancang dan memproduksi kemasan atau pembungkus untuk produk. Biasanya fungsi utama dari kemasan adalah untuk menjaga produk. Namun, sekarang kemasan menjadi faktor yang cukup penting sebagai alat pemasaran (Rangkuti, 2010:132).
Menurut Kotler & Keller (2009:27), pengemasan adalah kegiatan merancang dan memproduksi wadah atau bungkus sebagai sebuah produk. Pengemasan adalah aktivitas merancang dan memproduksi kemasan atau pembungkus untuk produk. Biasanya fungsi utama dari kemasan adalah untuk menjaga produk. Namun, sekarang kemasan menjadi faktor yang cukup penting sebagai alat pemasaran (Rangkuti, 2010:132).
Kemasan yang dirancang dengan baik dapat membangun ekuitas merek dan mendorong penjualan. Kemasan adalah bagian pertama produk yang dihadapi pembeli dan mampu menarik atau menyingkirkan pembeli. Pengemasan suatu produk biasanya dilakukan oleh produsen untuk dapat merebut minat konsumen terhadap pembelian barang. Produsen berusaha memberikan kesan yang baik pada kemasan produknya dan menciptakan model kemasan baru yang berbeda dengan produsen lain yang memproduksi produk-produk sejenis dalam pasar yang sama
4.
Tuliskan 8 fungsi dari kemasan produk
Jawab: 1. Menjaga
produk pada saat proses distribusi
Fungsi kemasan yang pertama adalah menjaga produk pada saat distribusi.
Karena jika sebuah produk dikirim dari produsen kepada konsumen atau dari
pabrik kepada pengecer pastinya melalui proses distribusi atau pengiriman.
Nah, pada saat proses itulah barang tersebut dijaga oleh kemasan, sehingga
tidak tercecer, tumpah, dan lain lain. Terutama jika produk anda mudah rusak
dan tumpah, seperti cairan dan butiran.
2. Melindungi dari pengaruh lingkungan
luar
Lingkungan luar juga dapat berpengaruh loh terhadap kualitas dari produk
anda, karena ada banyak jenis produk yang sangat mudah terpengaruh dari
lingkungan luar, pastinya pengaruh buruk dari lingkungan luar dapat
membahayakan bahkan merusak produk anda.
Misal saja produk anda adalah produk yang memiliki bau tajam, cairan
berbahaya, dan gas berbahaya. Pastinya dengan adanya kemasan dapat melindungi
produk anda dari pengaruh buruk lingkungan luar.
Nah, kemasan juga dapat melindungi produk anda dari sinar ultraviolet,
udara lembab, panas, benturan, mikroba, kotoran, dan yang dapat merusak dan
menurunkan mutu produk anda lainnya.
3. Menunjukkan identitas produk
Selain melindungi produk, menjaga produk ketika proses distribusi atau
pengiriman, ternyata fungsi kemasan juga dapat menunjukkan identitas dari
sebuah produk.
Apalagi jika produk anda sudah dipakai oleh banyak orang, pastinya orang
tersebut akan selalu ingat produk anda dari kemasannya, sehingga dari kemasan
tersebut anda jadi mudah untuk mendapatkan banyak pelanggan.
Nah, saran saya adalah gunakan kemasan yang unik, namun tidak menurunkan
nilai fungsinya. Usahakan kemasan yang unik tersebut mudah di ingat oleh para
pembeli anda, sehingga produk anda mendapatkan banyak pelanggan.
4. Meningkatkan efisiensi
Kemasan juga dapat meningkatkan efisiensi. Maksudnya apa tuh? Jadi, kemasan
anda dapat memudahkan penghitungan jumlah produk. Misal anda menuliskan 1
lusin, 1 gross, 1/2 lusin, dan lain lain. Nah, itu juga termasuk salah satu
fungsi kemasan.
5. Memberi kenyamanan
Nah, usahakan juga kemasan anda dapat memberi kenyamanan kepada para
pelanggan anda. Ini bisa jadi salah satu hal yang dapat meningkatkan nilai jual
produk anda.
Karena banyak orang yang membeli suatu produk dengan melihat kemasannya,
jika produk anda memberikan rasa nyaman terhadap para pembeli dan pelanggan,
pastinya orang tersebut akan memilih produk anda dibanding produk saingan.
Untung bukan?
Untuk itu kemasan juga berfungsi untuk memberi kenyamanan kepada para
pembeli dan pelanggan.
6. Memperpanjang pemakaian produk
Kemasan juga bisa untuk mengawetkan produk, contohnya adalah kemasan pada
kecap dan sirup, kemasan kecap dan sirup banyak yang menggunakan botol plastik,
sang produsen berfikir untuk memperpanjang pemakaian produk, karena jika menggunakan
botol kaca atau beling pastinya mudah pecah.
Kan rugi kalau baru beli ehh langsung pecah karena jatuh sedikit.
7. Mengurangi biaya produksi
Fungsi yang ketujuh adalah mengurangi biaya produksi, sebenarnya anda dapat
mengakali kemasan anda dengan barang barang yang lebih murah, namun tetap
berkualitas, sehingga biaya produksi yang anda keluarkan menjadi lebih sedikit.
Namun beda lagi jika anda mengandalkan kemasan sebagai nilai tambah dan
nilai jual bagi produk anda, bisa jadi biaya produksi yang anda keluarkan untuk
membuat kemasan lebih banyak dibanding biaya dari produk anda.
8. Menambah daya tarik dan harga
Fungsi kemasan bagi sebuah produk yang terakhir
adalah menambah daya tarik dan menambah nilai jual atau harga.
Karena kemasan dapat meningkatkan daya tarik dan juga harga pada sebuah
produk, maka tugas bagi produsen adalah menyediakan kemasan yang
bagus, unik, dan berkualitas tinggi. Agar para pembeli dan pelanggan anda tidak
kecewa.
Anda juga dapat menggunakan warna warna yang cerah yang dipadukan sehingga
terlihat lebih cantik, mengikuti tren masa kini, terkesan bahwa produknya
adalah produk berkualitas tinggi, dan terkesan bahwa produk di dalamnya adalah
produk mahal dan terbaik yang pernah ada.
5.
Jelaskan mengapa produk harus memiliki kemasan
yang menarik
Jawab: karena dengan desain yang menarik ,itu
akan menjadi salah satu penarik bagi para pembeli agar membeli barang yang kita
jual dan sekaligus sebagai identitas barang kita
Tidak ada komentar:
Posting Komentar